capungbalap

Just another WordPress.com weblog

Mei 9, 2010

Filed under: Uncategorized — rendydwiprakoso @ 12:55 pm

Nokia yang menjamur di masyarakat

Disusun Oleh: Nama : Rendy Dwi Prakoso

NPM: 11208016

Kelas : 2EA03

Mata Kuliah Manajemen Pemasaran

Dosen Muhammad Yunanto

Universitas Gunadarma

Masalah 1

Pendahuluan

Saat ini kemajuan teknlogi & alat komunikasi sudah sangat amat merakyat, terbukti dari meningkatnya jumlah konsumen/pelanggan telepon seluler di Indonesia. Lebih mudahnya dapat dilihat di sekitar kita, semakin jarangnya tempat usaha “WARTEL” di karenakan hampir semua orang (tua-muda, kaya-miskin, pengusaha-asongan) sudah menggunakan hand-phone. Tidak hanya itu saja kini hand-phone telah memiliki aplikasi atau fasilitas yang beragam kegunaanya selain untuk menelpon atau sms yaitu kamera, Mp3, radio dll. Sehingga hand-phone dapat dijadikan alat yang multifungsi.hand phone juga sudah menjadi teman sehari-hari bagi para pemiliknya,mereka seperti tidak bisa hidup tanpa hand-phone pagi,siang,sore,malam,kira-kira hampir 24 jam hand phone selalu menemani pemiliknya

Tujuan 1. Dapat mengetahui seberapa besar minat masyarakat atau tingkat penjualan Nokia di pasar.

2. Untuk mengetahui alternatif atau strategi apa saja yang di gunakan oleh Nokia dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat.

Isi Review

Indonesia dengan lebih dari 200 juta penduduknya menjadi pasar yang besar bagi industri ini. Dan dengan kemajuan teknologi yang pesat, banyak merek-merek ponsel yang bermunculan, Nokia mucul sebagai pemimpin pasar. Target pasar dari produk Nokia, yaitu pembedaan (diferensiasi). Hal ini bias dilihat dari sisi produk, Nokia mudah digunakan untuk semua umur muda maupun tua. Dari sisi pelayanan, Nokia memberikan kemudahan bagi pelanggannya, misal pelayanan purnajuan, konsumen dapat datang ke GRAHA NOKIA. Dari segi harga, produk Nokia sangat menjangkau semua kalangan. Sony Erricson, seperti yang kita ketahui menapik produknya untuk menyaingi Nokia. Karena Sony Erricson sendiri mempunyai keunggulan-keunggulan di mata konsumen, fitu-fitur standar, desainnya tampil elegan, namun konsumen berkomentar tetap saja belum secanggih Nokia. Hal yang sering di komentari konsumen, yaitu baterai dan sinyal yang ditangkap masih sulit. Pihak Sony Erricson sendiri terus melakukan evaluasi dan pengembangan terhadap produknya dengan mengikuti kemajuan teknologi saat ini. Sebetulnya, Sony Erricson juga menggunakan sistem distribusi yang apik, sayangnya produk Sony Erricson belum bias menyaingi Nokia. Persaingan pasar yang ketat, dengan munculnya pabrikan baru dari Cina dengan produk bermerek IMO dan MicXon mencoba meraup peruntungan di pasar tanah air yang selama ini sudah dikerik oleh Nokia, Sony Erricson, Samsung, Siemen, Motorolla, dan sebagainya.

Tanggapan • Dari setiap bagian artikel sangat relevan dan sesuai dengan apa yang terjadi saat ini, sehingga dapat dijadikan sebagai acuan yang penting dalam memilih dan menggunakan alternatif serta sertategi apa yang akan dipakai.

Kritik • Walaupun isi dari artikel relevan tetapi terlalu terikat pada satu merek saja, sehingga para pembaca masih kurang dapat membandingkan dari keunggulan-keunggulanm yang ada dengan merek lain.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s